Sabtu, 27 Februari 2010

Cara Mengganti Lama Waktu Sesi Administrator Joomla

Mengganti Lama Waktu Sesi Administrator Joomla



Apa sih maksud dari judul artikel Pelajaran Joomla kali ini. Kalau dalam bahasa inggris lama waktu sesi disini berarti session lifetime, kira-kira seperti itu. Hehe. Tujuan Pelajaran Joomla mengangkat topik bahasan mengenai lama waktu sesi ini dikarenakan pengalaman saya saat menggunakan Joomla melalui CPanel Joomla. Bisa dibilang bagi-bagi pengalaman mengenai Joomla saja, karena pengalaman ini kurang mengenakkan bagi saya.

Pernakah Anda mengalami hal seperti ini, sudah menghabiskan banyak waktu untuk menulis suatu artikel, sudah panjang-panjang menulis suatu artikel, sudah bagus-bagus merangkai kata-kata untuk posting artikel atau sudah melakukan semuanya itu dengan kerja keras sampai harus rela membayar billing warnet yang mahal (hehe) tetapi semua yang telah dibuat hilang begitu saja ??? Jika mengalami hal seperti itu, apa yang Anda rasa ? sudah tentu kesal, marah walaupun mungkin ada yang merasa biasa saja.

Dari pengamatan saya, saat kita menulis suatu artikel, om Joomla ini berpikiran bahwa kita sedang tidak mengoperasikan CPanel Joomla kita. Berbeda jika kita berpindah dari CPanel ke menu manager, dari menu manager ke module manager dan sebagainya, itu baru bisa dibilang kita mengoperasikan CPanel Joomla kita oleh om Joomla. Yang menjadi masalah adalah saat kita harus menulis artikel dalam waktu yang lama. Nah loh ?

Sebenarnya masalahnya terdapat dari kata kunci di baris ke-2, yaitu “session lifetime” itu. Session lifetime ini adalah lama waktu yang ditentukan untuk melakukan logout secara otomatis dihitung sejak CPanel Joomla kita dalam keadaan tidak aktif. Standar waktu session lifetime yang diberikan om Joomla ialah 15 menit. Berarti, setelah 15 menit kita tidak mengoperasikan CPanel Joomla kita, maka akan logout secara otomatis ke halaman login CPanel Joomla kita. Sama saja memberikan batasan kepada kita untuk menulis artikel tidak lebih dari 15 menit.

Mengganti Lama Waktu Session Lifetime



Sekarang yang perlu kita lakukan untuk mencegah hal itu adalah mengganti lama waktu session lifetime tersebut. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan. Caranya :
  1. Login ke dalam CPanel Joomla.
  2. Masuk ke Global Configuration Joomla.
  3. Pilih submenu system.
  4. Pada bagian sebelah kanan halaman Joomla, terdapat kotak isian session settings. Ganti waktu standar 15 menit tersebut dengan waktu yang  diinginkan untuk CPanel Joomla Anda.
  5. Klik Save.
*Terdapat catatan : jangan mengatur waktunya terlalu tinggi. Saya juga kurang tau apa dampaknya jika mengatur waktunya terlalu tinggi. Sebenarnya session lifetime ini berguna juga untuk keamanan CPanel Joomla jika kita lupa melakukan logout. Jadi, atur sebijaksana mungkin waktunya. Semoga pengalaman Pelajaran Joomla ini bermanfaat untuk teman-teman. ^^
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

6 komentar: on "Cara Mengganti Lama Waktu Sesi Administrator Joomla"

Anonim mengatakan...

Makasih ya informasinya...

jangan lupa mampir kesini ya..
http://quantamultimedia.com/

Rooney Tea mengatakan...

makasih informasinya

mohon pencerahan lebih lanjut

masih belajar joomla nieh di http://portalgadget.net

Santri Indigo mengatakan...

Sudah lama gax main joomla,..

DIGTUTS Indonesia mengatakan...

Buku dan Video Tutorial "Joomla 3 & Gantry Framework"

http://www.digtuts.com/products/ebook-joomla-3

Percetakan Mitra Cetak mengatakan...

Kalau loadingnya lama masuk ke administrator, permasalahannya apa ya.. Saya bingung, masalah jaringan bagus, lalu jika browsing cepat, kunjung web/blog, cepat juga..

powered by joomla mengatakan...

[...] Dari pengamatan saya, saat kita menulis suatu artikel, om Joomla ini berpikiran bahwa kita sedang tidak mengoperasikan CPanel Joomla kita. Berbeda jika kita berpindah dari CPanel ke menu manager, dari menu manager ke module manager dan sebagainya.. [...]

Posting Komentar